Cara Membuat Subdomain dengan A RECORD dan CNAME

Membuat Subdomain dengan A RECORD dan CNAME
Karena biaya hosting sangat mahal maka kita bisa memanfaatkan hosting gratisan tapi memberi domain yang tidak gratisan, hasilnya  akan sama saja, malah bisa lebih efektif. Bagi kalian yang pengen lebih efektif lagi, yaitu tanpa membeli domain. Kalian bisa memanfaatkan subdomain. Jadi intinya adalah membuat subdomain tanpa membeli hosting. fun.jagoancyber.com adalah contoh subdomain yang ane buat tanpa melalui cpanel sebuah hosting. Kita bisa memanfaatkan DNS di cpanel domain kita, lebih tepatnya yaitu A RECORD dan CNAME. Semua registrar domain pasti punya fitur ini. Oke, bagaimana cara membuat subdomain.namadomain? simak berikut ini.
  • Pertama, daftar ke hosting gratis yang akan dipakai. Jika mau buat subdomain untuk blog, bisa daftar di Blogger, WordPress, Tumblr dll. Nantinya kita tinggal setting custom domainnya ke subdomain yang akan kita buat. Jika hanya ingin hosting saja, yang bagus ada 000webhost atau idhostinger. Jika kalian daftar di 000webhost atau idhostinger langsung saja tulis URLnya http://subdomain.namadomainutama.com contoh: fun.jagoancyber.com
  • Setelah daftar, saatnya untuk mengatur subdomain agar bisa diakses. Catat detail pengaturan (Alamat IP Hosting dan Name server).
  • Jika sudah, sekarang buka cpanel domain kamu.
 www.ceaster.com
    • Buka option CNAME, tambahkan CNAME baru. Isi form didepan domain utama dengan subdomain yang diinginkan kemudian isi Form Value dengan Name Server yang didapat tadi. Simpan.
    • Buka Option A RECORD, tambahkan A RECORD baru, Isi form didepan domain utama dengan subdomain yang tadi ditulis di form CNAME dan isi IP tujuan dengan IP hosting yang tadi dicatat. Simpan.
  • Tunggu sekitar 1-24 jam, biasanya cuma 3 jam untuk resolve DNS dan subdomain bisa diakses, setelah bisa diakses, silahkan install website di hosting tersebut.
Sebenarnya bisa menggunakan salah satu dari 2 option (CNAME dan A RECORD) diatas tapi akan lebih baik jika digunakan bersama-sama. Jika subdomain yang dibuat akan digunakan untuk blogger maka hanya cukup mengisi CNAME saja dengan ghs.google.com sudah bisa, asalkan tahu IP Hosting dan Name server, subdomain bisa diarahkan ke platform apapun.
Semoga tulisan yang sederhana ini bisa bermanfaat!.

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: