Cara Membuat Banner Animasi Mudah dan Cepat

Banner selalu behubungan dengan blog/situs. Baik itu banner bergerak atau tidak. Banner disini bisa merupakan seperti “Papan Pengumuman”, atau seperti Mading (majalah dinding) di sekolah.
Terkadang melihat banner, lebih indah rasanya ketika banner tersebut bergerak daripada diam sama sekali. Seperti ada kekuatan di dalamnya. Para pemasang iklan, mereka lebih cenderung memasang iklannya berupa animasi. Tujuannya adalah agar menarik perhatian.  Disamping itu, terlihat elegan dan profesional. Bagi anda yang sudah berkecimpung dalam dunia design grafis atau animasi, tentu bukan masalah bagi anda. Bahkan anda sudah mahir dalam Membuat Banner Animasi. Beda halnya dengan orang-orang yang kurang paham animasi (awam) termasuk Mas Bro (saya).

Bagi yang termasuk belum begitu faham masalah animasi, saya salah satunya, ada beberapa situs online yang menyediakan pembuatan Banner Animasi secara mudah dan cepat. Situs penyedia ada dua kategori, tergantung kita untuk memilihnya. Kategori pertama adalah “Berbayar”. Anda harus mengeluarkan sedikit atau banyak jumlah uang untuk membayar mereka dalam pembuatan banner animasi. Kategori kedua adalah “Gatis”. Gratis disini adalah tidak mengeluarkan sedikit biaya pun. Situs penyedia online ini hanya mengolah gambar yang anda buat. Tentunya kita pilih yang gratisan bukan.

Banner animasi umumnya dibuat dalam file gambar berekstensi gif serta gambar dalam bentuk banner flash. Mas Bro disini mencoba memberikan gambaran tentang Cara Membuat Banner Animasi Mudah dan Cepat gratis dengan sebuah situs online Picasion dot com, tentunya gratisan. Bentuk filenya adalah GIF banner. Mengenai banner flash nanti kita bahas lagi.

Cara Membuat Banner Animasi Mudah dan Cepat bentuk Gif Banner (tipe file / ekstensi GIF)
1. Persiapkan sejumlah gambar / file (tipe file : jpg, png, bmp, saya saranin gunakan JPG atau PNG) anda dengan ukuran yang sama. Ukuran Banner rata-rata 125×125, 150×150, 300×250, 468×60 atau 728×90. Pilihlah salah satu ukuran banner tersebut. Misalnya anda ingin membuat banner animasi ukuran 125×125, anda harus menyediakan sejumlah gambar yang berukusan 125×125 juga. Jadi harus sama, soalnya kalao tidak sama tidak bagus kelihatannya.

Contoh Mas Bro mau buat banner animasi ukuran 125×125. Saya akan menyiapkan gambar /file sebanyak 3 buah yang sederhana, dengan ukuran yang sama untuk membuat banner animasi.

Cara Membuat Banner Animasi Mudah dan CepatCara Membuat Banner Animasi Mudah dan CepatCara Membuat Banner Animasi Mudah dan Cepat

2. Masuklah situs http://Picasion.com, lalu akan muncul  gambar seperti di bawah ini.

Cara Membuat Banner Animasi Mudah dan Cepat

Keterangan :

  • No. 1 : Masukkan file gambar yang telah kita sediakan tadi satu persatu
  • No. 2 : Ukuran gambar animasi yang akan kita buat (sesuaikan dengan ukuran gambar yang dimasukkan pada No.1) / Hasil akhir dari gambar animasi
  • No. 3 : Pilihlah kecepatan pergerakan banner animasi yang akan kita buat.
  • No. 4 : Klik Create animation apabila langkah No.1 sampai No. 3 sudah yakin. (lihat gambar di bawah)
Cara Membuat Banner Animasi Mudah dan Cepat

3. Setelah cara no 2 diatas sudah beres, maka tunggu sejenak.
4. Selanjutnya akan muncul gambar seperti di bawah ini.

Cara Membuat Banner Animasi Mudah dan Cepat

5. Anda akan ditawarkan oleh Picasion beberapa hal pilihan. Apakah anda mau menggunakan link yang mereka tawarkan atau anda menyimpan file gambar/banner animasi yang baru saja anda buat. Saran Mas Bro, sebaiknya anda simpan file banner animasi tersebut ke dalam komputer anda.

6. Pilih atau Klik Save this animation (lihat panah merah di atas). Tunggu sejenak maka file banner animasi anda akan tersimpan.

7. Selesai. (lihat contoh banner animasi yang Mas Bro buat)

Cara Membuat Banner Animasi Mudah dan Cepat

Pengetahuan Baru

Catatan :
Picasion akan memberikan nama file otomatis, silahkan anda ganti nama file tersebut sesuai keinginan anda. Dan satu lagi…. Silahkan anda pasang banner animasi anda ke dalam blog anda. Mudah bukan…. Tidak perlu punya keahlian khusus.

Demikianlah tutorial ringan kali ini mengenai Cara Membuat Banner Animasi Mudah dan Cepat. Selamat mencoba, salam sukses dan salam blogger

Tags: , , ,

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: