Cara merawat laptop dengan cara yang baik dan benar

Di era zaman sekarang, hampir berbagai golongan usia telah memiliki komputer, laptop atau notebook untuk beberapa macam kebutuhan. Di kalangan remaja, laptop dibutuhkan untuk belajar dan mengembangkan tingkat pengenalan teknologi yang lebih baik. Sedangkan, tingkat dewasa banyak dibutuhkan untuk bisnis , sekolah, mengajar, penyimpanan data dan lain sebagainya.
www.pengetahuanbaruku.wordpress.com
Namun, apakah semua golongan usia itu tau mengenai ” Cara merawat laptop agar awet dan tahan lama dengan cara yang baik dan benar? “. Untuk mengetahui tips-tips nya yuk ikuti ulasan berikut ini. Mungkin cara ini sudah banyak yang mengetahuinya, tetapi banyak juga yang belum mengerti tentang cara merawat laptop ini apalagi kalangan remaja yang penggunaannya kurang baik.
www.pengetahuanbaruku.wordpress.com
Berikut ini adalah tips dan cara merawat laptop dari segi fisik dengan baik, silahkan di simak teman-teman :

1. Cara Mengelap layar
Saat anda mengelap layar monitor atau LCD dan LED laptop, gunakanlah bahan lap yang sangat halus dan lembut tidak memiliki serat dan kasar apabila kita sentuh. Selain itu, Anda tidak boleh membersihkan layar dengan sembarang pembersih. Sebagai opsi yang mudah, Anda dapat menggunakan pembersih kaca dengan kadar yang rendah. Lalu, cara mengelapnya adalah dengan cara pergerakan searah atau satu arah. Contoh, dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan. Selain itu, jangan menekan layar LED terlalu keras yang akan menimbulkan kerusakan.

2. Hindarkan Laptop dari Panas Matahari
Anda tidak boleh membiarkan laptop dengan menghadap dan terkena sinar matahari karena laptop memiliki kadar suhu dan tahan panas yang rendah. Meskipun anda meletakkan laptop di dalam mobil yang memiliki AC namun terkena sinar matahari itu juga tidak diperbolehkan. Karena efek sinar ultraviolet yang masuk ke sistem akan membuat laptop Anda sering hang atau lemot.

3. Menghindari Goresan
Hindarilah benda-benda tajam dan keras yang ada di dekat laptop agar tidak menimbulkan goresan pada layar laptop. Selain itu, lebih baik anda memakai pelindung anti gores di layar dan juga pelindung keyboard agar sewaktu Anda menutup laptop tidak terjadi goresan. Apabila sedang berpergian gunakanlah tas laptop yang pas dan sesuai.

4. Cara Membersihkan Keyboard
Pada bagian keyboard laptop merupakan bagian yang paling sering kotor dan terkena debu lalu masuk ke sela-sela rongga keyboard. Cara membersihkannya adalah terlebih dahulu gunakan kuas kecil dan bersihkan ke sela-sela rongga keyboard. Baru setelah itu, Anda bersihkan dengan kain lap seperti katun dan lainnya dengan cairan pembersih kaca. Hati-hati saat membersihkan di bagian tombol start pada komputer dan lubang Audio. Jangan sampai di kedua bagian tersebut jatuh setetes Air ataupun terlalu basah.

5. Case Cemerlang
Bagian terluar atau Case dari sebuah laptop warnanya akan cepat pudar dan tidak cemerlang lagi apabila anda tidak merawatnya dengan baik dan benar. Biasanya disebabkan oleh debu vulkanik dan tangan yang kotor dan berminyak. Gunakanlah deterjen non- zat alkalin lalu campurkan air untuk membersihkannya. Bisa juga dengan pembersih multiguna untuk piranti elektronik listrik yang biasanya berupa busa. Semprotkan cairan tadi dengan kain lembut dan gosok dengan perlahan.

6. Hindarilah dari Medan Magnet
Untuk menjaga dan mengamankan sistem kinerja laptop kita tidak diperbolehkan membiarkan laptop dekat dengan barang yang memiliki medan magnet. Apabila hal ini dibiarkan, maka perangkat pertama yang akan rusak adalah Hardisk anda. Mungkin sebagian data anda akan rusak, corrupt ataupun hilang untuk resiko kecilnya. Contoh barang yang memiliki medan magnet adalah Speaker, Handphone, Kompas dan lain sebagainya.

7. Jangan menaruh laptop dengan kapasitansi permukaan yang rapat
Apabila anda sering menggunakan laptop di kamar tidur, janganlah terlalu lama Anda menaruhnya di kasur atau tempat tidur. Karena akan menghambat sistem sirkulasi pertukaran udara di berbagai bagian permukaan body yang akan mempengaruhi daya tahan laptop Anda. Gunakanlah kipas di bagian bawah laptop agar udara dapat bertukar dengan baik.
Pengetahuan baru
Itulah beberapa tips dan cara merawat laptop yang baik dan benar. Semoga teman-teman dapat mempraktekannya dan dapat memahaminya. Terimakasih, semoga bermanfaat ya

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: